Skip to main content

4 Teori Time Paradox Terpopuler Dari Konsep Time Travel



Pengertian
      Kemarin admin telah membahas mengenai apa itu Paradox dan Time Travel, sekarang yang akan saya bahas ialah Apa itu Teori Time Paradox ? Jadi Teori Time Paradox ialah teori yang menyatakan bahwa dua buah entitas yang sama tidak boleh dipertemukan dalam satu ruang dan waktu yang sama. Contohnya saja misal saja kamu melakukan time travel ke masa lalu, kemudian tanpa sengaja bertemu dengan versi remaja orang tuamu yang sedang berpacaran dan tanpa kamu sadari, tindakanmu di masa itu menjadikan mereka tidak menikah dan tentunya kamu tidak dilahirkan. Lalu timbul konsep paradox, anak dari siapakah kamu ?. Sebenarnya ada banyak sekali teori yang membahas tentang Time Paradox ini akan tetapi disini saya hanya akan membahas 4 teori yang paling populer saja.

1. Grandfather Paradox      
      Konsep paradoks ini merupakan yang paling populer. Singkatnya, kamu melakukan perjalanan waktu untuk membunuh kakekmu, karena di masa di mana kamu berada, kakekmu melahirkan generasi keluarga yang telah menghancurkan peradaban manusia. Kamu melakukan pembunuhan pada masa sebelum ayah atau ibumu lahir atau sebelum kakekmu bertemu dengan nenekmu, maka ayah atau ibumu tidak pernah dilahirkan, dan kamu tidak dilahirkan juga, sehingga kamu tidak melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk membunuh kakekmu. Lalu, jika kamu tidak melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk membunuh kakekmu, maka kakekmu hidup, ayah atau ibumu dilahirkan dan kamu pun akan terlahir. Kemudian, kamu kembali ke masa lalu untuk membunuh kakekmu kembali. Paradoks ini menciptakan looping timeline, yang dimana paradox tersebut tidak akan berhenti sampai kapanpun. Kalian bingung ??? Iya inilah yang dinamakan Grandfather Paradox.

2. Predestination Paradox
      Paradoks ini menjelaskan bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan dan tidak dapat diubah karena sejarah telah mencatat bahwa suatu kejadian pasti akan terjadi dan tidak bisa diubah. Predestination Paradox pada dasarnya menciptakan kejadian yang sama sebagaimana seharusnya. Singkatnya, jika kamu pernah nonton anime boruto scene dimana boruto dan sasuke melakukan time travel ke masa lalu, singkat cerita di scene ini menceritakan boruto dan sasuke menyelamatkan naruto dari urashiki. Namun selama menyelamatkan naruto tersebut boruto dan sasuke tidak boleh membiarkan warga konoha tau latar belakang mereka sebenarnya, kalau tidak maka masa depan bisa berubah. Namun faktanya selain bisa menolong naruto, boruto dan sasuke berhasil menyembunyikan identitas asli mereka selama menyelamatkan naruto dari urashiki. Nah dari sini kita bisa beri kesimpulan bahwa apa yang terjadi pada boruto dan sasuke selama di masa lalu sudah tercatat dalam sejarah. Dengan kata lain, boruto dan sasuke merupakan bagian dari sejarah  tersebut, walaupun mereka bukan dari masa lalu akan tetapi kehadiran mereka sudah tercatat dalam sejarah dan tidak dapat diubah. Jadi walaupun urashiki berusaha untuk mengubahnya namun bila sejarah berkata tidak maka itu tidak akan terjadi.

3. Bootstrap Paradox
       Paradox ini menyebabkan ketidakjelasan suatu objek tertentu sebagai efek dari perjalanan waktu. Misal sekarang kamu memiliki impian ingin menciptakan OS dan membaca ide gagasan dari pencipta OS Windows yaitu Bill Gates. Lalu kamu mencoba untuk melakukan perjalanan waktu dengan kembali ke masa lalu dan mengajarkan teori ini kepada Bill Gates jauh sebelum ia menemukan teori itu. Lalu, muncul pertanyaan, siapa penemu teori itu ?
  • Jika kamu adalah jawabannya, maka tentu tidak karena kamu membaca ide yang diciptakan oleh Bill Gates.
  • Jika Bill Gates adalah penemunya, tentu tidak juga karena ia diajarkan olehmu yang kembali ke masa lalu.


4. Butterfly Effect Paradox
      Butterfly Effect Paradox menjadi salah satu efek paradoks yang diciptakan dari perjalanan waktu. Konsekuensi perjalanan waktu dan tindakan yang dilakukan saat berada di masa lalu bisa menyebabkan efek dalam skala besar di masa mendatang. Misal kamu adalah fansnya dari Akira Toriyama pengarang Dragon Ball. Lalu kamu mencoba untuk melakukan perjalanan waktu dengan kembali ke masa lalu untuk bertemu dengan Akira Toyirama. Namun, karena suatu hal kamu malah membuat Akira Toyirama tidak membuat manga Dragon Ball sehingga hal ini berdampak di masa depan. Seperti misalnya seri Dragon Ball tidak dibuat maka dapat dipastikan seri Naruto dan Boruto juga tidak dibuat, karena seri Naruto terinspirasi dari seri Dragon Ball, sama halnya dengan seri One Piece.

Popular posts from this blog

Cara Download Dan Convert Video Atau Lagu Youtube Tanpa Aplikasi

Download Video Youtube         Sebenarnya dari apk youtube atau dari pihak developer youtube sudah menyediakan fitur youtube offline yang artinya fitur tersebut merupakan sebuah fitur yang bisa kalian gunakan untuk menonton video dari youtube menjadi offline tapi sayangnya fitur ini hanya berlaku selama 30 hari atau 1 bulan, jadi jika sobat pada waktu sobat tidak melakukan pembaruan selama 1 bulan maka video tersebut akan terhapus otomatis. Tapi tenang kali ini admin akan memberikan cara ampuh agar kalian bisa menonton video tersebut sampai jangka waktu yang kalian inginkan, langsung saja simak caranya. 1. Buka youtube dan cari video yang ingin sobat download 2. Kemudian klik pada bagian url dan ubah www.  menjadi ss  kemudian klik enter atau telusuri. 3. Setelah itu akan muncul halaman web seperti dibawah ini dan pilih resolusi video yang sobat inginkan. 4. Selesai. Cara Convert Video Youtube      Bagi sobat yang ingin mendownload lagu melalu mesin pencarian

Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia

         Sebenarnya dalam setiap pergantian zaman pasti teknologi juga ikut berkembang dan semakin canggih teknologi tersebut maka zaman tersebut semakin maju dalam mengembangkan teknologi, namun bisa saja teknologi malah membuat sebagian manusia menjadi ketergantungan yang akhirnya membuat manusia tersebut menjadi pemalas. Lalu dampak apa saja kah perkembangan internet bagi kehidupan manusia.  Langsung sja simak penjelasannya di bawah ini. Dampak Positip / Membangun 1. Mempercepat Arus Informasi           Dampak positif teknologi yang pertama dan utama adalah mempercepat arus informasi. Tak dapat dipungkuri arus informasi memang sangat cepat semenjak adanya teknologi informasi, bahkan tak dapat lagi dikontrol. Dengan semua smartphone dan kuota internet sobat bisa mencari informasi apapun.   2. Adanya Media Sosial         Dengan banyaknya sosial media yang ada bisa memperlancar proses komunikasi satu orang dengan orang yang lainnya. Tak perlu lagi mengirim surat

Mengenal Istilah Paradox Dan Time Travel

Pengertian Paradox       M enurut Wikipedia Paradox adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar penarikan kesimpulan di logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Hehe pasti kalian bingung kan dengan maksud kalimat diatas, tenang akan saya jelaskan secara mudah jadi intinya ialah paradox merupakan suatu pernyataan yang belum terbukti kebenarannya namun masih logis untuk diterima, akan tetapi dianggap mengada - ngada dengan kenyataan yang ada. Pengertian Time Travel       S