Skip to main content

Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia


         Sebenarnya dalam setiap pergantian zaman pasti teknologi juga ikut berkembang dan semakin canggih teknologi tersebut maka zaman tersebut semakin maju dalam mengembangkan teknologi, namun bisa saja teknologi malah membuat sebagian manusia menjadi ketergantungan yang akhirnya membuat manusia tersebut menjadi pemalas. Lalu dampak apa saja kah perkembangan internet bagi kehidupan manusia.  Langsung sja simak penjelasannya di bawah ini.

Dampak Positip / Membangun

1. Mempercepat Arus Informasi 
         Dampak positif teknologi yang pertama dan utama adalah mempercepat arus informasi. Tak dapat dipungkuri arus informasi memang sangat cepat semenjak adanya teknologi informasi, bahkan tak dapat lagi dikontrol. Dengan semua smartphone dan kuota internet sobat bisa mencari informasi apapun.  

2. Adanya Media Sosial
        Dengan banyaknya sosial media yang ada bisa memperlancar proses komunikasi satu orang dengan orang yang lainnya. Tak perlu lagi mengirim surat ke kantor pos seperti jaman dulu kala. Jika jaman dulu harus menunggu beberapi hari untuk mendapatkan balasan, dengan adanya teknologi sekarang, cukup beberapa detik saja sudah sampai di penerima. 

3. Sebagai Media Hiburan 
       Jika ingin mencari hiburan yang bisa diakses melalui internet. Buka saja youtube.com, maka Anda akan menemukan berbagai aneka ragam video. Carilah video yang sekiranya menghibur seperti stand up comedy. Sobat juga bisa mendowload berbagai macam film dan musik genre apapun. Game online juga tersedia banyak tinggal pilih saja. 

4. Sharing dan Berbagi File 
        Berbagai macam file seperti foto, lagu, maupun dokumen bisa dengan mudah dilakukan melalui internet. Sobat bisa berbagi file dengan teman yang berada di luar negeripun sudah bisa. File terkirim dengan cepat hanya hitungan detik saja. Bahkan sekarang sobat sudah bisa menyimpan berbagai dokumen di internet melalui google drive atau cloud storage. 

5. Mempunyai Banyak Dampak Positif untuk Pendidikan 
        Di bidang pendidikan memiliki dampak positif terhadap perkembangan teknologi seperti halnya materi pelajaran dan semua informasi yang terkait dengannya menjadi mudah untuk didapatkan sehingga akan sangat membantu setiap siswa dan guru. Adanya laptop juga mempercepat mahasiswa serta guru untuk menyelesaikan semua tugas-tugasnya. 

6. Sebagai Tempat Jual Beli Online 
        Melalui internet banyak toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti online shop. Banyak yang senang karena proses belanja menjadi lebih mudah, cepat, dan sangat praktis. Melalui online shop, banyak juga terserap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. 

Negatif / Merusak

1. Malas Bersosialisasi 
        Dengan adanya teknologi seperti gadget yang mempunyai aplikasi media sosialnya dan fitur yang lengkap membuat orang malas bersosialisasi. Semua orang cenderung lebih menyukai mengirim pesan secara online ataupun memainkan gadgednya daripada mengobrol secara langsung. Ini merupakan Dampak negatif teknologi yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan sifat individualis. 

2. Kasus Penipuan Maupun Pembunuhan.
        Kasus penipuan maupun pembunahan yang sering terjadi melalui toko online dan media sosial. Sudah banyak sekali kasus penipuan yang terjad hingga mengalami kerugian atau bahkan kehilangan nyawa sekalipun, maka dari itu berhati-hatilah ketika berbelanja di toko online yang belum terpercaya maupun berkenalan dengan orang asing apalagi sampai ia mengajak ketemuan jangan pernah sendiri ajaklah orang dewasa untuk menemanimu agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. 

3. Banyaknya Konten Negatif
         Konten Negatif dalam hal ini adalah bullying, video porno, berita hoax, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi yang tak memiliki batasan tertentu terhadap penggunanya sehingga hal tersebut sering terjadi.

4. Menurunkan Prestasi Belajar 
         Dampak negatif teknologi yang selanjutnya adalah menurunkan prestasi belajar siswa. Semakin berkembangnya teknologi khususnya pada gadget membuat banyak siswa yang keasyikan bermain game online hingga larut malam melupakan kewajibannya sebagai pelajar.

5. Transaksi Narkoba Dan Senjata Secara Illegal
        Semakin canggihnya teknologi tak dapat dipungkiri bila dijadikan sebagai media ataupun tempat sebagai sarana transaksi narkoba senjata secara ilegal sering terjadi. Maka dari itu kita sebagai oknum harus bijak dalam menggunakan internet. Jangan sampai memanfaatkan pekembangan teknologi untuk melakukan hal-hal yang tidak benar karena malah akan merusak generasi kita sendiri.

6. Memiliki Kepribadian Yang Emosional
        Hal ini diakibatkan karena kita sering mengalami kekalahan dalam sebuah pemainan dari gadged/pc/ps dan sejenisnya sehingga menyebabkan seseorang menjadi emosi, bisa saja emosi tersebut membuat kerugian dari pihak lain. Maka dari itu untuk menyikapi kejadian seperti ini kita harus lebih bisa mengendalikan amarah disaat apa yang kita inginkan tak bisa kita wujudkan.

Popular posts from this blog

Cara Download Dan Convert Video Atau Lagu Youtube Tanpa Aplikasi

Download Video Youtube         Sebenarnya dari apk youtube atau dari pihak developer youtube sudah menyediakan fitur youtube offline yang artinya fitur tersebut merupakan sebuah fitur yang bisa kalian gunakan untuk menonton video dari youtube menjadi offline tapi sayangnya fitur ini hanya berlaku selama 30 hari atau 1 bulan, jadi jika sobat pada waktu sobat tidak melakukan pembaruan selama 1 bulan maka video tersebut akan terhapus otomatis. Tapi tenang kali ini admin akan memberikan cara ampuh agar kalian bisa menonton video tersebut sampai jangka waktu yang kalian inginkan, langsung saja simak caranya. 1. Buka youtube dan cari video yang ingin sobat download 2. Kemudian klik pada bagian url dan ubah www.  menjadi ss  kemudian klik enter atau telusuri. 3. Setelah itu akan muncul halaman web seperti dibawah ini dan pilih resolusi video yang sobat inginkan. 4. Selesai. Cara Convert Video Youtube      Bagi sobat yang ingin mendownload lagu melalu mesin pencarian

4 Teori Time Paradox Terpopuler Dari Konsep Time Travel

Pengertian       Kemarin admin telah membahas mengenai apa itu Paradox dan Time Travel , sekarang yang akan saya bahas ialah Apa itu Teori Time Paradox ? Jadi Teori Time Paradox ialah teori yang menyatakan bahwa dua buah entitas yang sama tidak boleh dipertemukan dalam satu ruang dan waktu yang sama. Contohnya saja misal saja kamu melakukan time travel ke masa lalu, kemudian tanpa sengaja bertemu dengan versi remaja orang tuamu yang sedang berpacaran dan tanpa kamu sadari, tindakanmu di masa itu menjadikan mereka tidak menikah dan tentunya kamu tidak dilahirkan. Lalu timbul konsep paradox, anak dari siapakah kamu ?. Sebenarnya ada banyak sekali teori yang membahas tentang Time Paradox ini akan tetapi disini saya hanya akan membahas 4 teori yang paling populer saja. 1.  Grandfather Paradox              Konsep paradoks ini merupakan yang paling populer. Singkatnya, kamu melakukan perjalanan waktu untuk membunuh kakekmu, karena di masa di mana kamu berada, kakekmu melah

Mengenal Istilah Paradox Dan Time Travel

Pengertian Paradox       M enurut Wikipedia Paradox adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar penarikan kesimpulan di logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Hehe pasti kalian bingung kan dengan maksud kalimat diatas, tenang akan saya jelaskan secara mudah jadi intinya ialah paradox merupakan suatu pernyataan yang belum terbukti kebenarannya namun masih logis untuk diterima, akan tetapi dianggap mengada - ngada dengan kenyataan yang ada. Pengertian Time Travel       S